No image available for this title

Text

Ikan Perairan Lahan Gambut



Keberadaan Lahan Gambut semakin dirasakan peran pentingnya terutama dalam menyimpan karbon terestrial, memainkan peran penting dalam siklus hidrologi serta memelihara keanekaragaman hayati. Luas perairan gambut di Indonesia mencapai puluhan juta hektar dan merupakan habitat berbagai jenis ikan baik untuk konsumsi mau[un hias. namun demikian keragaman jenis ikan pada perairan gambut informasinya masih terbatas dan bersifat parsial. Di sisi lain kerusakan lahan gambut dan sumberdaya ikan yang ada semakin serius. Salah satunya pada bekas Proyek Lahan Gambut Sejuta Hektar (PLG) di Kalimantan Tengah.
Buku ini menarik untuk disimak karena mengupas tentang keragaman jenis ikan pada lahan gambut, deskripsi sebaran masing - masing jenis, kelimpahan, potensi, status jenis, kondisi habitat, serta kegiatan perikanan yang berkembang. Selain itu dikupas mengenai langkah - langkah yang diperlukan dalam mengkorservasi sumberdaya ikan pada lahan gambut. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai gambar untuk meudahkan bagi para pembaca.
Materi buku ini disarikan dari hasil penelitian ikan pada perairan lahan gambut terutama di kawasan PLG Propinsi Kalimantan Tengah. Daerah aliran sungai yang terkait dengan areal tersebut adalah DAS Barito, Kapuas, Kahayan, dan Sebangau. Selain itu dilengkapi dengan informasi mengenai ikan dari kawasan gambut lainnya.
Penulis berharap mudah -mudahan buku ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai ikan pada perairan lahan gambut serta menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan yang terkait dengan kawasan gambut.


Ketersediaan

2022.0604639.3Perikanan / Budidaya Perairan - Library (Rak 6)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
639.3
Penerbit LIPI Press : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
21 p. : ill. ; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-799-451-8
Klasifikasi
639.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya