Image of Pengantar Ilmu Jurnalistik

Text

Pengantar Ilmu Jurnalistik



Pengantar Ilmu Jurnalistik

Jurnalistik kini bukan saja merupakan kegiatan praktis sekelompok orang yang mencurahkan perhatiannya dalam dunia pers atau persuratkabaran. Bukan pula hanya nama suatu mata kuliah yang disajikan pada suatu lembaga pendidikan. Jurnalistik kini telah jauh berkembang menjadi satu lembaga pendidikan formal yang mandiri. Karena itu, persoalan jurnalistik kini tidak lagi terbatas hanya aspek-aspek teknis pengelolaan perusahaan penerbitan , melainkan telah melebar pada masalah-masalah akademik. Sejak berdirinya School of Journalism di Columbia University pada 1912 , kemudian di Indonesia dibuka jurusan Publisistik pada Fakultas Sosial Politik di Universitas Gadjah Mada pada 1950-an, masalah-masalah yang berkaitan dengan berkaitan dengan kurikulum pendidikan jurnalistik mulai diperbincangkan.

Pada aspek teknis, jurnalistik hampir tidak pernah selesei dibicarakan. Mulai dari masalah etika profesi, norma perusahaan, sampai pada aspek hukum yang mengikat kehidupannya, jurnalistik selalu hadir menjadi topik yang menarik. Pada aspek hukum, misalnya, silang pendapat di sekitar peraturan perundang-undangan pers di Indonesia juga tidak pernah luput dari perhatian para pakar profesional atau sekedar peminat biasa. Sebagai salah satu bidang kajian ilmiah, jurnalistik terus dikembangkan untuk menemukan konsep-konsep baru secara lebih relevan dengan dunia empiris. Sedangkan secara kelembagaan, jurnalistik juga tetap menarik perhatian berbagai kalangan dunia pendidikan.

Buku ini membahas teori serta perkembangan jurnalistik dan pers. Kajian dalam buku ini menitikberatkan pada pembahasan pengertian serta perkembangan jurnalistik dan pers, masalah-masalah pokok dalam pers dan jurnalistik, penulisan editorial, ruang lingkup media jurnalistik, penulisan berita, serta pencarian bahan khususnya dalam jurnalistik, penulisan berita, serta pencarian bahan khusus dalam jurnalistik, penulisan berita, serta pencarian bahan khusus dalam jurnalistik. Karenanya buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen Ilmu Komunikasi, Pemerhati jurnalistik dan pers, serta Anda yang berminat pada dunia jurnalistik.


Ketersediaan

2022.0512070.4 MUH pIlmu Komunikasi - Library (Rak 0)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
070.4 MUH p
Penerbit Simbiosa Rekatama Media : Bandung.,
Deskripsi Fisik
218 p. : ill. ; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-7973-31-2
Klasifikasi
070.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya