No image available for this title

Text

Pendidikan Islam Tarbiyah Islamiyah : untuk pembentukan karakter muslim ideal berbasis 10 karakteristik



Dalam Undang-Undang SISDIKNAS dikatakan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak. Seorang Peternak faham Tujuan beternak. Perlakuan apa yang harus dilakukan. Peternak Sapi misalnya, dia memberikan Perlakuan yang berbeda beda, peternak Sapi untuk qurban berbeda perlakuan untuk sapi Bajak Sawah atau sapi untuk Pedaging kosumsi harian. Ternak ikan dalam bahasa Arabnya itu Tarbiyatu Samak (belajar beternak ikan). Jadi Tarbiyah/pendidikan Islam sama dengan konsekwensi Peternak sesuai dengan tujuan yang ingin diperoleh, kita kenal dengan Tarbiyah bil Ahdaf Tarbiyah/Pendidikan berbasis Tujuan.

Sedangkan dalam pendidikan islam, pendidikan diharapkan dapat terpenuhinya aspek jasmaniah, rohaniah, akal dan sosial. Pada aspek rohaniah, pendidikan diharapkan dapat membentuk Akhlak mulia peserta didik.

Ada dua istilah yang perlu dicermati, yaitu tahdzib pelurusan akhlak dan ta'lim bermuara pada akal. Bisa saja terjadi seseorang itu berpengetahuan tetapi tidak muhadzab (tidak berakhlak mulia), seperti fenomena tawuran dikalangan terpelajar yang merusak dan memakan korban jiwa. Tadzib dan ta'lim merupakan kekuatan yang butuh perlakuan tarbiyah yang berbeda.

Pendidikan tidak difahami sebagai transfer ilmu saja kepada peserta didik. Pendidikan islam juga harus mampu menghasilkan pribadi tersebut dibutuhkan kerja tarbiyah ya serius, terarah dan berkesinambungan.


Ketersediaan

2022.0174370.114 SUK pUNIDA - Library (Rak 3)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Pendidikan Islam Tarbiyah Islamiyah untuk pembentukan karakter muslim ideal berbasis 10 karakteristik
No. Panggil
370.114 SUK p
Penerbit UNIDA Press : Bogor.,
Deskripsi Fisik
212 p. : ill. ; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-6585-78-3
Klasifikasi
370.114
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya