Image of Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) : Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Sebagai Lembaga Pemberdaya Ekonomi Ummat : Teori dan Aplikasi Hasil RIset

Text

Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) : Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Sebagai Lembaga Pemberdaya Ekonomi Ummat : Teori dan Aplikasi Hasil RIset



Baitul Mal wat Tamwil (BMT) adalah lembaga keuangan mikro syariah yang berada di masyarakat menengah dan bawah. Perkembangan BMT di Indonesia sangat pesat. Saat ini jumlah BMT diperkirakan mencapai enam puluh ribu. Salah satu strategi untuk mempertahankan eksistensi BMT masyarakat adalah inovasi pengembangan produk BMT.
Buku ini disusun dalam rangka ikut mengembangan produk BMT di Indonesia dan berisi penjelasan BMT di Indonesia dan berisi penjelasan BMT dari sisi filosofis, prosedur pendirian, Manajemen operasional, produk, desain pengembangan produk, pemberdayaan, dan model pengawasan.

Isi buku (1) Landasan Dasar Baitul Mal wat Tanwil (2) Tata Cara Pendirian BMT (3) Perizinan BMT (4) Kelembagaan BMT (5) Produk BMT (6) Desain Produk BMT Berbasis Pemberdayaan (7) Model Pengawasan BMT (8) Contoh SOP untuk Operasional BMT (9) Contoh Form untuk Operasional BMT.

Pengguna buku ini (1) Badan Pengurus BMT (Ketua, Sekretaris, Bendahara) Pengelola BMT (Manajer, Teller, Customer Service) (3) Staf Kementerian Koperasi (4) Staff Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (5). Staff Pemerintah Daerah (Provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan), khususnya yang membidangi usaha kecil dan menengah (6) mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis, khususnya pada spesialisasi syariah (7) siswa SMA dan SMK (8) Pemerhati masalah ekonomi, keuangan, bisnis syariah.

DR. Anas Alhifni, SEI., M.Si. Menempuh pendidikan formal SI Program Studi Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, lulus tahun 2012, Kajian Timur Tengah dan Islam, Peminatan Ekonomi dan Keuangan Syariah, Universitas Indonesia, lulus tahun 2015 S3 Program Doktoral Ilmu Ekonomi Islam Universitas Airlangga.


Ketersediaan

2022.0122297.273 ALH bUNIDA - Library (Rak 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Sebagai Lembaga Pemberdaya Ekonomi Ummat Teori & Aplikasi Hasil Riset
No. Panggil
297.273 ALH b
Penerbit PT. Indeks Permata Puri Media : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
275 p. : ill. ; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-062-671-3
Klasifikasi
297.273
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya