Image of Harmoni dan damai dalam perbedaan

Text

Harmoni dan damai dalam perbedaan



Sebagai sebuah bangsa, Indonesia ditakdirkan majemuk dan beragam. Fakta ini tentu harus kita syukuri. Banyak negara, yang karena pluralitasnya, bubar karena tak mampu merawat dan meruwat kemajemukan tersebut. Indonesia sangat menyadari hal ini, dan karena itulah, keragaman yang dimiliki bangsa ini menjadi kekuatan bagi tegaknya dan keberlangsungan Indonesia di masa mendatang.
Indonesia menghargai pluralitas sebagai sumber prokdutifitas menggapai kemajuan. Dari sisi agama misalnya, semua agama ada hari besarnya, islam, Kristen, Hindu, Budha, dan bahkan Khonghucu, yang hanya berjumlah 2 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Fakta ini tak akan ditemui di negara Asean lainnya. Seperti Thailand, Myanmar, Kamboja, Laos. Padahal kaum muslim di negara-negara tersebut jumlahnya lebih dari 15 persen dari total penduduk setempat.
Jusuf Kalla yang biasa disapa Pak JK melalui buku sederhana ini memaparkan bahwa pluralitas dan toleransi tidak saja menjadi fakta kehidupan. Lebih dari itu, pluralitas dan toleransi dapat dijadikan kekuatan besar membangun Indonesia. Dengan catatan, semua unsur masyarakat saling menghargai, menghormati, dan mengimplementasikan nilai-nilai yang dikandung secara tulus dan yang penting adalah dari dua arah. Toleransi sejati tidak akan pernah terjadi jika hanya satu arah. Karya berharga ketua umum DMI ini sangat penting dibaca publik.


Ketersediaan

2022.0073923.6 KAL hUNIDA - Library (rak 9)Tersedia
2022.0074923.6 KAL hUNIDA - Library (rak 9)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
923.6 KAL h
Penerbit Grafindo Books Media : Jakarta Selatan.,
Deskripsi Fisik
58 p. : ill. ; 20 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-3858-10-4
Klasifikasi
923.6
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
4
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya