Image of Toedjoeh Kata

Text

Toedjoeh Kata



Penerbitan buku ini sekaligus melengkapi 3 format penyajian Toedjoeh Kata dari hanya berupa film kemudian dikembangkan lagi sebagai komik cerita bergambar oleh Sdr. Dwi Handoyo Putro yang meraih gelar Sarjana dengan karya tersebut di Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta. PPKI memang butuh uraian lebih lanjut berupa prequel pada fase BPUPKI maupun sequel pada fase Konstituante. Alhamdulillah terbitnya buku ini bisa menjadi referensi bagi para penonton film untuk memahami bahwa tragedi yang terjadi 18 Agustus 1945 itu merupakan rangkaian tidak terpisahkan dari perjuangan sehingga semua peristiwa yang menyertainya perlu dikaji menyeluruh.
(R.M. Dimas Widiarto SW.SH, Pengarah Produksi Film Toedjoeh Kata. Staf LPKA UMY)

Buku ini mengenang kembali sejarah pencoretan 7 kata dalam Piagam Jakarta sebagai momen historis maha penting yang tak akan pernah terlupakan dalam memori kolektif masyarakat Islam Indonesia. Dibicarakan kembali yang menunjukkan aspirasi ini belum benar-benar pupus dari masyarakat Muslim dan masih memungkinkan untuk diperjuangkan kembali secara Konstitutional dalam sistem demokrasi yang terbuka.
(Moeflich H. Hart, penulis Islam dan Transformasi Masyarakat Nusantara sebagai buku 10 Terbaik pada Islamic Book Fair (IBF) 2018.

Buku ini berusaha untuk merekonstruksi cerminan dari keinginan berpemerintahan sendiri umat islam, sekaligus perjuangan umat dalam mewujudkan pemerintahan sendiri.
(Dr. K.H. Asep Ahmad Hidayat, MA, Sejarawan, Dosen Sejarah UIN SGD Wapres SI Indonesia)

Toedjoeh Kata bukan sekedar kata, ia memiliki seribu makna. Fungsionalisasi mampu mendinamisasi norma. Ini bukan hanya cerita masa yang akan datang. Insya Allah perjuangan umat islam mampu menggapai tujuan. Tentu dengan semangat jihad fie sabilillah dan pertolongan Allah. Billahi fie Sabilillah. Fastabiqul Khoirat. Nasrun Minallah wa Fathun Qariib.
(H.M. Rizal Fadillah S.H Aktivis Muhammadiyah, Politis, Da'i)

Umat Islam harus berprinsip, kukuh untuk memilih pemimpin Islam, Partai Islam, orang - orang islam yang beriman. Mereka yang diharapkan dapat mengisi mayoritas anggota DPR RI di Parlemen, yang merumuskan aturan hukum dan perundang - undangan yang berlaku di Indonesia Sesuai syariat islam sebagaimana Toedjoeh Kata yang diperjuangkan oleh para tokoh-tokoh islam terdahulu. Hanya mereka yang tahu arti membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang diridhoi Allah SWT, Negara dan Bangsa yang Baldatun Thoiyibatun Wa Robun Ghofur
(Iwan Hilmansyah S.H.M.H Aktivis Islam, Advokat, Politisi)


Ketersediaan

2022.0581959.8 HAM tMy Library (Rak 9)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Sebuah Ijtihad Konstitusi Siyasah Kebangsaan Zelfbestuur 1916 - 1959)
No. Panggil
959.8 HAM t
Penerbit Pusbangter : Jatinangor Sumedang.,
Deskripsi Fisik
401 p. : ill. ; 22
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-52092-6-0
Klasifikasi
959.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya