Image of Caping Calo Riwayat Penutup Kepala Perempuan Penutup Kepala Perempuan Di Kota Kretek

Text

Caping Calo Riwayat Penutup Kepala Perempuan Penutup Kepala Perempuan Di Kota Kretek



Caping Dihormati sebagai benda fungsional sekaligus benda sakral yang dekta dengan tradisi. Hal ini membuat caping berubah menjadi sebuah simbol yang memainkan " dual function" yakni " revealing " atau membuka diri dan membuat dirinya menjadi jelas, sekaligus concealing " atau merahasiakan diri agar tak diketahui. Di dunia persilatan, seorang pendekar seringkali digambarkan turun gunung dengan memakai caping. Dalam tulisan ini, Bung Edy memberi rasa hormat pada sekeping sejarah caping dengan empati yang hangat. Bagaimanapun dibawah terik matahari, kita tetap butuh caping.

Kota Kudus menyimpan banyak sejarah, budaya, serta tradisi lokal yang terus hidup dan dipelihara warganya. Tak lekang digerus zaman. Tengok saja rokok kretek, misalnya yang sudah menjadi tulang punggung industri asli warga bumiputera sejak awal abad 20. Ia mampu bertahan melewati tekanan masa kolonial dan depresi besar dunia tahun 1929. Jauh sebelum rokok kretek, ada satu lagi produk asli Kudus yang kehadirannya dicatat rapi oleh J.C.M Radermacher, Ketua Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetensschaapen, dalam buku katalog keluaran tahun 1877 : yakni Caping Kalo

Buku yang disusun oleh Tim sejarawan Kudus, Edy Supratno dan kawan - kawan, ini merekam dengan lengkap dan cermat perjalanan Caping Kalo, sejak sekadar berfungsi sebagai penutup kepala wong cilik, kaum tani, lalu berkembang pesat menjadi produk dagang pada masa Cultuurstelsel, kemudian beranjak menjadi pelengkap kostum resmi untuk personel eropa maupun Bumiputera di dinas kehutanan dan akhirnya terangkat derajatnya menjadi pelengkap busana adat kudus. Sebuah catatan penuh manfaat bagi mereka yang ingin mengenal warisan masa lalu kota kudus.


Ketersediaan

2022.0513300.5 SUP cIlmu Komunikasi - Library (Rak 3)Tersedia
2022.0514300.5 SUP cIlmu Komunikasi - LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
300.5 SUP c
Penerbit kompas Media Nusantara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
208 p. : ill. ; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-346-704-9
Klasifikasi
300.5
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya